1
Pengertian Proposal dan Contoh Proposal Ilmiah
Posted by Unknown
on
06.13
Pengertian Proposal
Proposal adalah rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat forma. Sedangkan, pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Untuk memudahkan pengertian dari proposal yang dalam tulisan ini, kita dapat membandingkannya dengan istilah proposal penelitian dan proposal umum.
‘Proposal Penelitian’ dalam dunia ilmiah (pendidikan) yang disusun oleh seorang peneliti atau mahasiswa yang akan membuat penelitian (skripsi, tesis, disertasi). Dalam dunia ilmiah, proposal adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian. Bentuk proposal penelitian ini, biasanya memiliki suatu bentuk, dengan berbagai standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan dan lain lain.
Sedangkan ‘Proposal Umum’ yang sering digunakan sebagai usulan atau rancangan kegiatan. Bentuk proposal ini memiliki banyak kemiripan dengan model proposal penelitian yang digunakan dalam dunia ilmiah, namun karena sifatnya yang lebih umum maka proposal umum biasanya lebih lentur dalam penggunaan bahasa dan tidak terlalu kaku dalam aturan penulisan. Namun, walaupun lebih bebas, penulisan Proposal umuu tetap harus mengindahkan kaidah-kaidah dan sistematika tertentu, agar dapat dengan mudah dimengerti oleh orang-orang yang membaca proposal tersebut.
Jenis-Jenis Proposal
Berdasarkan bentuknya, proposal dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu : proposal berbentuk formal, semiformal dan nonformal.
1. Proposal berbentuk formal terdiri atas tiga bagian utama, yaitu:
- bagian pendahuluan, yang terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan.
- isi proposal, terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya.
- bagian pelengkap penutup, yang berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya.
Isi Proposal
Isi proposal ada dua, seperti yang diatas adalah isi proposal yang berbentuk kompleks, dan yang sederhana meliputi: nama kegiatan (judul), dasar pemikiran, tujuan diadakannya kegiatan, ruang lingkup, waktu dan tempat kegiatan, penyelenggara (panitia), anggaran biaya, dan penutup.
Ciri-Ciri Proposal
- Proposal dibuat untuk meringkas kegiatan yang akan dilakukan
- Sebagai pemberitahuan pertama suatu kegiatan
- Berisikan tujuan-tujuan, latar belakang acara
- Pastinya proposal itu berupa lembaran-lembaran pemberitahuan yang telah di jilid yang nantinya diserahkan kepada si empunya acara
- dan lain-lain yang sulit untuk dijelaskan (dicari).
Sistematika Penulisan Proposal
1. Pendahuluan
- Berisi tentang hal-hal dan kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakan kegiatan tersebut.
- Hubungan kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari(nyata)
- Point-point pembahasan pada pendahuluan ini, mengacu pada komponen S-W-O-T yang telah dibahas sebelumnya.
- Berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan, misalnya: Tri Darma Perguruan Tinggi, program kerja pengurus dan lainlain
- Jika kegiatan tersebut bukan dari organisasi, maka didasarkan secara umum, misalnya : Peraturan Pemerintah No sekian
- Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus)
- Tentukan juga keluaran ( output ) yang dikehendaki seperti apa
Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut
5. Jenis Kegiatan
- Diperlukan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih dari satu,
- Menjelaskan bentuk dari kegiatan tersebut. Misal: berupa Seminar, Pelatihan, penyampain materi secara lisan, Tanya jawab dan simulasi dll.
Berisi uraian yang lebih terperinci dari Tujuan (Point 3) terutama mengenai ukuran-ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.
7. Sasaran/Peserta
Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih kenal dengan peserta)
8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.
9. Anggaran Dana
Dalam anggaran disini, hanya disebutkan jumlah total pemasukan dan pengeluaran yang diperkirakan oleh panitia, sedangkan rinciannya dibuat dalam lampiran tersendiri
10. Susunan Panitia
Dalam halaman atau bagaian susuna panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang pentingpenting saja, seperti Pelindung Kegiatan, Ketua panitia, Streering Commite dll, sedangkan kepanitian lengkap dicantumkan dalam lampiran.
11. Jadwal Kegiatan
- Dibuat sesuai dengan perencanaan dalam kalender Kegiatan yang telah disusun sebelumnya
- Atau bisa juga ditulis terlampir, jika jadwalnya banyak.
- Berisi tentang harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi Semua pihak.
- Ditutup dengan lembar pengesahan proposal
- Terakhir, diikuti dengan lampiran
Contoh Proposal Ilmiah
BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar belakang
Persaingan dunia usaha dalam suatu perekonomi kian hari kian gencar dengan tumbuhnya beberapa usaha, salah satunya adalah bidang usaha otomotif yang mulai di gemari oleh beberapa kalangan masyarakat.
Perkembangan usaha otomotif yang semakin pesat tersebut mendorong tumbuh dan berkembangnya berbagai usaha yang memberi berbagai macam kenyamanan terhadap pelanggannya. Cara dunia usaha menarik pelanggan bukan hanya berfokus pada bagaimana cara memasarkan saja, tetapi juga di dukung oleh berbagai faktor yang bisa menyebabkan pelanggan itu merasa puas dengan apa yang di terimanya.
Factor-faktor yang dapat mendukung kepuasan pelanggan diantaranya adalah mutu pelayanan dan mutu produk yang di berikan. Oleh karenanya produsen harus memperhatikan kepuasan pelanggan dengan cara memperhatikan factor-faktor tersebut, dengan demikian pelanggan akan sukarela kembali karena merasa puas dengan jasa yang diberikan. Dan hal tersebut ternyata merupakan promosi yang sangat jitu.
Kepuasaan pelanggan adalah perasaan senang seorang pelanggan dikarenakan barang dan jasa yang dapat memberikan mutu atau kinerja dengan baik. Dari beberapa uraian mengenai kepuasan, maka secara umum kepuasan dapat diartikan sebagai perbandingan antara pelayanan atau hasil yang diterima itu paling tidak harus sama dengan harapan konsumen, atau bahkan melebihinya.
Dalam hal ini penulis akan meneliti kepuasan pelanggan pada bengkel Honda catur jaya motor dengan member judul: “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYAN SERVICE SEPEDA MOTOR DI BENGKEL RESMI HONDA,CV CATUR JAYA MOTOR WISMA ASRI ”.
I.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Rumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah :
Apakah pelanggan Bengkel Honda Catur Jaya Motor merasa puas dengan pelayanan yang di berikan ?
1.3 Tujuan penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan yang di berikan Bengkel Honda Catur Jaya Motor.
1.4 Manfaat penelitian
Dari penelitian yang di lakukan di Bengkel Honda Catur Jaya Motor dapat diperoleh manfaat sebagai berikut :
1. Manfaat akademis
Penulisan dapat lebih memahami tentang perilaku konsumen dan strategi persaingan usaha. Penulisan ini dapat dijadikan bahan referensi bagi mahasiswa dan mahasiswi yang ingin melakukan penelitian sejenis.
2. Manfaat praktis
Memberikan masukan agar pelayanan di bengkel Honda Catur Jaya Motor lebih baik lagi.
1.5 Metode penelitian
1.5.1 Objek penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah Bengkel Honda Catur Jaya Motor
1.5.2 Data / Variabel
Data primer merupakan informasi yang di kumpulkan terutama untuk tujuan investigasi yang sedang dilakukan saat ini. Sedangkan, Data sekunder merupakan informasi yang di kumpulkan bukan untuk kepentingan studi yang sedang dilakukan saat ini tetapi untuk beberapa tujuan lain.
1.5.3 Metode Pengumpulan Data
Penulis mengadakan proses pengumpulan data menggunakan cara field research (Penelitian lapangan) yaitu penelitian lapangan yang mengumpulkan dan menerapkan beberapa metode antara lain :
1. Wawancara : Pengumpulan data yang di lakukan secara langsung berhadapan tatap muka dengan orang yang di wawancarai.
2. Observasi : Mengadakan pengamatan langsung objek yang sedang penulis teliti untuk mendapatkan informasi yang di perlukan sehubung dengan tingkat kepuasan pelanggan.
3. Kuesioner : Metode pengumpulan data dengan cara membagikan angket kepada responden untuk diisi guna mendapatkan data yang di inginkan.
1.5.4 Hipotesis
Hipotesis adalah pernyataan atau dugaan mengenai satu atau lebih populasi, hipotesis juga merupakan jawaban semsentara terhadap rumusan masalah.
Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu :
Ho : Pelanggan merasa tidak puas terhadap pelayanan Bengkel Honda Catur Jaya Motor.
Ha : Pelanggan merasa puas terhadap pelayanan Bengkel Honda Catur Jaya Motor.
1.5.5 Alat analisis yang di gunakan
Skala Likert
Skala Likert yaitu mengukur setiap pendapatan dan persepesi seorang atau kelompok orang tertentu, fenomena sosial jawaban tersebut dapat di skor (nilai).
Uji Chi Square
Uji Chi Square yaitu pengujian hipotesis tentang perbandingan antara frekuensi sample yang benar-benar terjadi disebut frekuensi Observasi (Fo) dengan, frekuensi Harapan (Fe) yang didasari pada setiap kasus tertentu. Dengan rumus :
Keterangan :
O = frekuensi hasil observasi
E = frekuensi yang diharapkan.
Nilai E = (Jumlah sebaris x Jumlah Sekolom) / Jumlah data
df = (b-1) (k-1)
O = frekuensi hasil observasi
E = frekuensi yang diharapkan.
Nilai E = (Jumlah sebaris x Jumlah Sekolom) / Jumlah data
df = (b-1) (k-1)
1. http://approdite1992.wordpress.com/2009/03/30/teknik-pembuatan-proposal/
2. http://hasim319.wordpress.com/2011/05/07/mengenal-proposal/