0
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Posted by Unknown
on
05.37
Managemen
Pengertian dan peranan manajemen:
Manajemen dapat di artikan sebagai ilmu dan seni
tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai
tujuan secara efektif dan efisien. Para ahli ekonomi umumnya mempunyai
pengertian yang berbeda tantang manajemen, berikut pengertian
Dengan demikian sebenernya manajemen itu hampir
selalu ada pada setiap kegiatan manusia sebab manusia akan selalu berusaha
berkumpul dan bekerja sama.
Fungsi dan Proses Manajemen:
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang
selalu ada dan melekat dalam proses manajemen yang akan dijadiakan acuan oleh
manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen
dapat dilakukan di perusahaan manapun. Pada fungsi manajemen tersebut terdapat
beberapa pendapat mengenai fungsi manajemen:
1. George R. Terry
Fungsi manajemen: planning,organizing,
actuating, dan controlling.
2. Harold Kontz dan Cyrill O’Donnel
Fungsi manajemen: planning, organizing,
staffing, directing, dan
conrtolling.
3. Henry Fayol
Fungsi manajemen: planning, organizing,
commanding, coordinating dan controlling
Berikut ini adalah garis besar dari keseluruhan
teori yang telah dijabarkan di atas kita dapoat menyimpulkan tiga fungsi
manajemen yang sangat umum digunakan yaitu perencanaan, pengorganisasian, dan
pengontrolan.
1. Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah kegiatan pertama seorang
manajer dalam rangka melaksanakan fungsi manajemen agar dapat
membuat keputusan yang teratur dan logis sebelumnya harus ada keputusan
terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya. Keputusan itu
mencakup hal-hal berikut:
- Analisis, yaitu perhitungan bagaimana
perkiraan dimasa depan.
- Sasaran, yaitu perincian singkat dan
tugas mengenai sasaran yang ingin dicapai,menetapkan hasil yang
diinginkan.
- Kebijakan, yaitu rumusan cara-cara kerja
yang akan dilaksanakn.
- Program, yaitu urutan langkah-langkah
yang akan dilakukan untuk
mencapai sasaran.
- Skedul waktu, yaitu penetapan waktu atau
jadwal yang harus
dilakukan.
- Anggaran keuangan, yaitu penetapan
sumber-sumber keuangan yang
digunakan untuk melaksanakan proyek yang
direncanakan.
Planning yang efektif harus memenuhi 5 W 1 H:
- What : apa
tujuan yang hendak dicapai
-
Why : mengapa hal
tersebut perlu dilakukan.
- Where : dimana hal
tersebut akan dilakukan.
- When : kapan hal tersebut akan dilakukan
- Who : bagaimana
cara melakukannya
Fungsi perencanaan bermanfaat untuk hal-hal
berikut:
a. Mengimbangi ketidakteraturan dari
perusahaan.
b. Memusatkan perhatian pada sasaran.
c. Memperoleh pengelolaan yang ekonomis dan
dan efektif
d. Memudahkan pengawasan.
e. Mendorong orang memberikan prestasi.
3. Pelaksanaan (Actuating)
Actuating atau tahap pelasanaan merupakan
penerapan atau implementasi dari rencana yang telah ditetapkan dan
diorganisasikan.Actuating merupakan langkah-langkah pelaksanaan rencana didalam
kondisi nyata yang mekibatkan segenap anggota organisasi untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
§ Actuating adalah menggerakkan orang-orang
agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadarab secara bersama-sama
untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini dibutuhkan
kepemimpinan (Leadership).
§ Leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi
orang lain agar mau bekerja dengan tulus sehingga pekerjaan berjalan lancar dan
tujuan dapat tercapai.
4. Pengawasan (Controlling)
Pengawasan adalah fungsi manajemen yang tak kalah
pentingnya, karna didalam pengawasan dilakukan koreksi. Pengawasan diperlukan
untuk melihat apakah rencana dilaksanakan sesuai dengan tujuan. Tujuan
pengawasan adalah untuk mencegah atau untuk memperbaiki kesalahan,penyimpangan,
penyelewengan dan kegiatan lainnya yang tidak sesuai dengan rencana. Didalam
pengawasan paling tidak dilakukan tiga proses, yaitu:
§ Melakukan pengukuran terhadap hasil kerja
yang telah dicapai.
§ Melakukan perbandingan hasil kerja yang
telah dicapai dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
§ Melakukan koreksi terhadap hasil kerja
yang meliputi pembiayaan dan efesiensi kerja.
Proses Manajemen:
Proses manajemen didefinisikan sebagai
aktivitas-aktivitas:
§ Perencanaan, formulasi terinci untuk
mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut
perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan
dan identifikasi metode
untuk mencapai tujuan tersebut. (Lanjut bagian ke-2)
Posting Komentar